Sampaikan Imbauan Kamtibmas, Polsek Fordata gelar Minggu Kasih di Gereja

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Demi menjalin sinergi dan meningkatkan komunikasi antara Kepolisian dengan seluruh elemen Masyarakat guna terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif, Polsek Fordata menggelar program yang bertajuk Minggu Kasih yang merupakan tindak lanjut dari Beyond Trust Presisi Polri.


Dipimpin oleh Kapolsek yang diwakili Ps. Kanit Binmas Polsek Fordata Bripka A.UNIWALY, S.H., tersebut dengan menghadirkan para Jemaat yang berlokasi di Gereja GPM di Desa Romean, Kecamatan Fordata, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, yang diawali dengan pelaksanaan Ibadah, Minggu (08/09/24).


Selain sebagai sarana untuk mempererat hubungan silaturahmi dan menjalin kemitraan yang baik antara Kepolisian dengan Masyarakat, kegiatan Minggu Kasih ini merupakan program Polri untuk menyampaikan edukasi maupun Imbauan dan pesan Kamtibmas kepada Masyarakat sebagai upaya pencegahan terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas maupun tindak kejahatan.


Pada kesempatan itu, Ps. Kanit Binmas mengatakan bahwa, program ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan pada setiap hari Minggu secara berkeliling dengan bertatap muka secara langsung dengan Masyarakat untuk menyampaikan Imbauan dan pesan Kamtibmas sekaligus mendengar aspirasi maupun keluhan Masyarakat.


“Kegiatan ini akan terus kami laksanakan secara rutin disetiap hari Minggu, khususnya pada kegiatan-kegiatan Ibadah secara bergantian” tuturnya.


Lebih lanjut,  Bripka A. UNIWALY, S.H., nampak secara aktif dan Humanis menyampaikan Imbauan dan pesan terkait seputaran Kamtibmas yang krusial. Ia meminta dukungan dan kerja sama dari seluruh elemen Masyarakat yang hadir untuk dapat menciptakan Pilkada serentak Tahun 2024 yang sejuk dan damai, mengingat saat ini Kita telah memasuki proses tahapan Pemilihan Kepala Daerah.


“Dalam kehidupan bermasyarakat, mari kita saling menghargai dan menghormati serta hindari gesekan antar warga guna terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif. Pilihan boleh berbeda, namun persatuan dan kesatuan harus tetap dijaga” ujarnya.


Tak hanya itu, Ps. Kanit Binmas pun juga memberikan edukasi dan pemahaman Hukum terkait kasus yang melibatkan Anak hingga kasus kekerasan yang cukup tinggi terjadi di Wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Ia mengajak Warga para Jemaat untuk hindari segala bentuk perbuatan yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas maupun tindak kejahatan, yang dapat merugikan diri sendiri, Keluarga maupun Orang lain.


Sebelum menutup Minggu Kasih tersebut, Masyarakat diingatkan untuk segera melaporkan segala hal yang mencurigakan yang dianggap dapat berpotensi mengganggu keamanan, kenyamanan hingga ketertiban di lingkungan Masyarakat kepada petugas keamanan terdekat dalam hal ini Bhabinkamtibmas maupun kepada Pemerintah Desa hingga pada Pos Polisi terdekat, sehingga dapat segera ditindaklanjuti.


Sementara itu, Program Minggu Kasih ini pun mendapat apresiasi dan ungkapan terima kasih dari para Tokoh Agama maupun Jemaat yang hadir kepada pihak Kepolisian dalam hal ini Polsek Fordata atas giat yang telah dilaksanakan. Mereka berharap agar kegiatan ini dapat ditingkatkan dan dilaksanakan pada Gereja, tempat Ibadah Unit maupun Ibadah Rukun yang berada di Kecamatan Fordata sehingga dapat mengurangi angka kriminal.

Bagikan ke teman kamu