OMB Salawaku 2024, Polda Maluku Kerahkan Anjing Pelacak

OMB Salawaku 2024, Polda Maluku Kerahkan Anjing Pelacak

POLDA MALUKU - Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku untuk Pengamanan Pemilihan Umum Tahun 2024, terus dilaksanakan Polda Maluku meskipun di hari libur, Minggu (22/10/2023).

OMB Salawaku hari ini kembali digelar oleh satgas preemtif maupun preventif di sejumlah perkantoran maupun kawasan lainnya yang dianggap rawan.

Kepala Satgas Preemtif OMB Salawaku Polda Maluku, Kombes Pol Deni Abrahams, meminta personel untuk selalu mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

"Meskipun di hari libur, satgas preemtif maupun preventif tetap menjalankan tugas OMB seperti biasa. Kita tidak mengenal waktu libur untuk memberikan rasa aman dan damai kepada masyarakat," kata Kombes Deni dalam arahannya saat mengambil apel di halaman Mapolda Maluku.

Para personel satgas diharapkan dapat menjalankan tugas sesuai tanggungjawab yang telah diembankan. Termasuk memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat.

"Selain melaksanakan patroli, rekan-rekan juga diharapkan dapat menyapa masyarakat untuk memberikan pesan kamtibmas menjelang Pemilu. Agar pesta demokrasi nanti bisa berjalan aman, damai dan lancar," pinta Direktur Binmas Polda Maluku ini.

Untuk diketahui, selain satgas preemtif, hari ini satgas preventif yang tergabung dari Satuan Pam Obvit dan Samapta K-9 Polda Maluku, juga melakukan patroli di sejumlah kawasan penting dalam penyelenggaraan Pemilu seperti Kantor KPU, maupun Bawaslu Provinsi Maluku. Termasuk kantor DPRD Maluku di Karang Panjang.

Bahkan, dalam operasi tersebut, tim K-9 juga ikut mengerahkan satwa yaitu anjing pelacak. "Anjing pelacak dikerahkan untuk mendeteksi hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi seperti adanya bahan peledak dan benda berbahaya lainnya," kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat.

Bagikan ke teman kamu