Kapolres SBB dan Rombongan Kunjungi Pulau Buano untuk Supervisi Pos Pam Natal dan Tahun Baru

Kapolres SBB dan Rombongan Kunjungi Pulau Buano untuk Supervisi Pos Pam Natal dan Tahun Baru

POLRES SBB - Sabtu, tanggal 23 Desember 2023, Kapolres SBB AKBP DENNIE ANDREAS DHARMAWAN, S.I.K beserta rombongan melaksanakan Kunjungan Kerja di Pulau Buano guna melakukan Supervisi Pos Pam menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Polres SBB.

Kedatangan rombongan di Pelabuhan Soa Tengah Desa Buano Utara disambut oleh Danpos Pam Buano IPDA ESLI PATTY, S.H, serta kepala desa setempat, Kepala Desa Buano Selatan FRANGKI NUSAALY dan Kepala Desa Buano Utara AHMAD NURLETTE, selanjutnya menuju Kantor Desa Buano Selatan. Dalam serangkaian kegiatan, Kapolres menyampaikan tujuan kunjungan, termasuk perhatian terhadap pengamanan Natal yang khusus tahun ini beriringan dengan Pilkada 2024.

Kapolres SBB AKBP DENNIE ANDREAS DHARMAWAN, S.I.K tiba di Kantor Desa Buano Selatan guna coffe break, pada kesempatan itu Kapolres menyampaikan beberapa hal, Kapolres mengatakan
Kedatangannya di P. Buano bersama rombongan dalam rangka Kunjungan Kerja Kapolres untuk melaksanakan Supervisi Pos Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Polres SBB di Pulau Buano;
Kapolres juga menyampaikan bahwa pengamanan Natal kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena bertepatan dengan momen menjelang Pemilu Tahun 2024 yang sebentar lagi akan digelar.

"Beberapa hari yang lalu ada kejadian terkait dengan kamtibmas yang disebabkan oleh miras sehingga sesuai atensi pimpinan operasi pencegahan beredarnya miras di tengah-tengah masyarakat." ucap Kapolres.
"Kami berharap agar Pemdes Buano Selatan dan Pemdes Buano Utara bersama-sama dengan pihak Kepolisian dalam menjaga keamanan di kedua desa." tutup Kapolres

Kades Buano Selatan FRANGKI NUSAALY Mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Bpk Kapolres SBB yang sudah menyempatkan waktu berkunjung di Pulau Buano dalam rangka kunjungan kerja bersama rombongan;
Kades Buano Selatan menyampaikan Gambaran situasi singkat di Desa Buano Selatan dan Desa Buano Utara dalam keadaan aman & untuk pulau buano sendiri memiliki 2 desa dan 6 dusun petuanan dengan jumlah jiwa kurang lebih 10.000 jiwa.

Hal yang sama disampaikan oleh Kades Buano Utara AHMAD NURLETTE, pada umumnya situasi di kedua desa dalam keadaan aman, "Namun kita akan tetap berusaha dan berupaya agar perayaan Hari Raya Natal 25 Desember 2023 oleh basudara kita di Desa Buano Selatan dapat berjalan dengan aman dan damai." tandas Kades Buano Utara.
"Dalam kesempatan ini kami ingin menyampaikan kepada Bpk Kapolres SBB untuk menempatkan Pos Pengamanan Tetap di Pulau Buano, apalagi saat ini perayaan natal dan tahun baru bertepatan dengan Pilkada 2024." Ucap Kades Buano Utara
"Kami pimpinan kedua desa sepakat dan siap memfasilitasi keberadaan pos pengamanan di pulau buano dengan menyiapkan lokasi dan bangunan pos maupun hal lainnya." tutup Kades Buano Utara.

Kapolres SBB AKBP DENNIE ANDREAS DHARMAWAN, S.I.K menanggapi penyampaian kedua Kades tersebut, dan Sangat mengapresiasi kinerja dari kedua pimpinan desa di Pulau Buano dalam menjaga situasi kamtibmas di pulau buano.
"Secara struktural, penempatan pos pengamanan harus secara resmi dengan dukungan anggaran yang detetapkan oleh Mabes Polri, " ucap Kapolres
Dan terkait dengan usulan pos pengamanan di pulau buano, kedua pimpinan desa diminta segera buatkan permintaan secara tertulis untuk dilaporkan kepada Bpk Kapolda Maluku di Ambon.
"Sambil kita menunggu hasil/jawaban dari Bpk Kapolda Maluku, saya akan menempatkan beberapa personil Polres SBB (Pos Pol Buano) dengan prioritas Personil Polres SBB yang berasal dari Desa Buano Selatan maupun Desa Buano Utara." Ucap Kapolres
Kapolres juga memerintahkan Bahabinkamtibmas Buano untuk melakukan sosialisasi kepada siswa/i yang berminat bergabung menjadi anggota Polri, Polres akan fasilitasi dengan memberikan bimbingan dan pelatihan melalui Bagian SDM Polres SBB.

Kunjungan tak hanya berkutat pada supervisi, namun Kapolres juga melakukan pengecekan kelengkapan Pos Pam Buano untuk Operasi Lilin Salawaku 2023. Sebagai tindak lanjut, Kapolres SBB AKBP DENNIE ANDREAS DHARMAWAN, S.I.K dan Ketua PC Bhayangkari SBB Ny. ANITA DENNIE menyerahkan bantuan Bingkisan Natal dan Beras sebanyak 175 Kg untuk Personil Pos Pam Buano, masyarakat Desa Buano Selatan dan masyarakat Desa Buano Utara yang diterima secara simbolis oleh masing-masing perwakilan.

Turut hadir dalam rombongan Kapolres SBB AKBP DENNIE ANDREAS DHARMAWAN, S.I.K, antara lain Ketua PC Bhayangkari SBB Ny. ANITA DENNIE, Kabag Ops AKP DJAFAR LESSY, S.E., Kasat Narkoba AKP ARDINWIDIAWAN, S.I.K., Kasat Intelkam IPTU M. JAYADI, Kasat Samapta IBRAHIM LESTALUHU, Kasipropam IPDA R. PARIHALA, Kasihumas IPDA SAMUEL, KBO Satintelkam IPDA FARID ENDRA GHAZY, S.Tr.K, KBO Satlantas G. M. DION SINULINGGA, S.Tr.K, Kanit Tipikor Satreskrim IPDA REZA ARDIANSYAH, S.Tr.K, Kapolsek Waesala IPDA SUHARDI SALASA dan PC Bhayangkari SBB.

Setelah sejumlah kegiatan, rombongan Kapolres SBB bersama dengan Ketua PC Bhayangkari SBB meninggalkan Pulau Buano menuju Pelabuhan Masika Jaya Desa Waesala. Kegiatan kunjungan tersebut berlangsung dalam suasana aman dan terkendali.

Bagikan ke teman kamu