Kapolres Maluku Barat Daya Pimpin Upacara Taptu Jelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 Tahun 2024

Humas Polres MBD – Bertempat di halaman Kantor Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya telah berlangsung upacara Taptu (Penetapan Waktu) sebagai rangkaian menjelang peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 tahun 2024 yang dipimpin oleh Inspektur Upacara Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K pada Jumat malam (16/08/2024). 


Pelaksanaan upacara taptu diikuti oleh Dandim 1511 Pulau Moa Letkol Inf. Galih Perkasa, Kepala Kejaksaan Negeri MBD Hery Somantri, S.H, M.H, Plh. Setda Kab. MBD Drs. Daud Renmialy, Ketua DPRD Kab. MBD Asweros P. Tunay, A.Md, para perwira TNI-Polri, para asisten dan staf ahli Pemda MBD, para Kepala OPD Setda Kabupaten MBD, para tokoh agama serta para tamu undangan lainnya.  


Pelibatan peserta upacara masing-masing yakni 1 SST personel Kompi 4 Yon. C Brimob MBD, 1 SST Personel Polres MBD, 1 SST ASN Pemda Kabupaten MBD, 2 SST Siswa-siswi SMA dan 1 SST Anggota Gerakan Pramuka Kabupaten MBD.


Upacara Taptu adalah merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan menjelang peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, tujuan pelaksanaan upacara ini adalah untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan bangsa dalam merebut kemberdekaan, selain itu untuk mengobarkan semangat Nasionalisme pada para generasi penerus bangsa dalam mengisi kemerdekaan.


Hal penting yang menjadi inti upacara tersebut ditandai dengan penyalaan obor induk oleh inspektur upacara kemudian diikuti oleh masing-masing Komandan Peleton membawa obor kemudian dinyalakan dan dibagikan kepada peserta upacara secara serentak.


Usai pelaksanaan upacara taptu dilanjutkan dengan kegiatan pawai obor oleh seluruh peserta upacara dengan berjalan kaki menyusuri ruas jalan di kota Tiakur sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan dengan gembira dan bersemangat, kegiatan tersebut dikawal oleh satuan lalu lintas Polres Maluku Barat Daya dengan menggunakan mobil patroli dan berakhir di lapangan upacara Kantor Bupati Kabupaten MBD.

Bagikan ke teman kamu