Kapolda Maluku Tinjau Vaksinasi Merdeka, 935 Warga Divaksin Covid-19
Doc. Humas Polda Maluku

Kapolda Maluku Tinjau Vaksinasi Merdeka, 935 Warga Divaksin Covid-19

POLDA MALUKU - Kepolisian Daerah Maluku kembali memberikan Vaksinasi Merdeka kepada sebanyak 935 orang warga di Pulau Ambon (Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah), Selasa (7/9/2021).

Vaksin covid-19 terhadap ratusan warga ini berlangsung sejak pukul 08.00 WIT sampai dengan selesai di empat lokasi berbeda yang berada di Pulau Ambon.

Di Kota Ambon sendiri, vaksin dilaksanakan di Gerai Vaksinasi Presisi (GVP) Lapangan Letkol CHR Tahapary, Gedung Ashari, Gereja Katolik St Passo, dan di Kabupaten Maluku Tengah yakni Kecamatan Leihitu.

Vaksinasi Merdeka hari ini langsung ditinjau oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Refdi Andri, M.Si di Gedung Ashari, Kawasan Masjid Raya Alfatah Ambon.

Orang nomor 1 Polda Maluku itu tidak sendiri. Ia didampingi Wakil Gubernur Maluku Barnabas N. Orno, Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Sekretaris Daerah Maluku, Ketua DPRD Maluku, Staf Khusus Kepresidenan dr. Taufan Tuarita, yang mewakili Pangdam XVI/Patimura, Karo Ops Polda Maluku, dan Kabid Dokes Polda Maluku.

Pada kesempatan itu, Kapolda Maluku juga memberikan bantuan berupa sembako kepada peserta vaksinasi, yang sekaligus merupakan warga terdampak Covid-19.

"Kami berharap agar masyarakat kota Ambon dapat berpartisipasi dalam menyelenggarakan program pemerintah yang kita jalani saat ini dengan melaksanakan vaksinasi," harapnya.

Mantan Kakorlantas Polri itu mengaku, vaksinasi yang gencar dilaksanakan oleh Pemerintah dan dibantu stakeholder lainnya termasuk Polda Maluku, dilakukan agar Indonesia secara umum dapat terbebas dari wabah virus mematikan ini.

"Vaksinasi dilakukan agar secepatnya kita terbebas dari pandemi covid-19, dan segera berakhir secepatnya," terangnya.

Vaksinasi merdeka sendiri dilaksanakan secara serempak di seluruh Polda di Indonesia. Polda Maluku hari ini dilaksanakan di empat lokasi.

Di GVP Polda Maluku, sebanyak 99 orang warga mengikuti vaksinasi. 48 orang diantaranya disuntik menggunakan vaksin Sinovac, sementara 51 lainnya dengan AstraZeneca.

Di Polsek Leihitu, terdapat 255 orang warga mengikuti vaksinasi. 254 orang disuntik memakai vaksin Sinovac dan seorang lainnya AstraZeneca.

Sementara di Gedung Ashari, terdapat 142 orang divaksinasi. 112 diantaranya disuntik dengan vaksin Sinovak, dan 30 orang lainnya menggunakan AstraZeneca.

Sedangkan di Gereja Katolik St. Passo, sejumlah 439 orang ikut vaksinasi. 390 orang disuntik menggunakan vaksin Sinovac dan 49 sisanya disuntik pakai vaksin AstraZeneca.

"Total masyarakat yang ikut Vaksinasi Merdeka yang dilaksanakan Polda Maluku hari ini sebanyak 935 orang, tiga di Kota Ambon, dan satu di Leihitu," ungkap Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M. Rum Ohoirat.

Vaksinasi Merdeka yang gencar dilaksanakan ini selain masyarakat umum, juga menyasar pesantren dan rumah-rumah ibadah.

"Vaksinasi yang kami lakukan ini gratis. Kepada warga yang berusia 12 tahun ke atas silahkan datang. Vaksin aman dan halal," ajaknya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan saat melakukan setiap aktivitasnya. Seperti memakai masker, mencuci tangan memakai sabun, menjaga jarak, menjauh dari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Bagikan ke teman kamu