Kapolda Maluku Ikut Tarian Toki Gaba-Gaba

Kapolda Maluku Ikut Tarian Toki Gaba-Gaba

POLDA MALUKU - Kepolisian Daerah Maluku melantik 230 orang Bintara Remaja Polri dalam rangkaian upacara penutupan pendidikan dan pembentukan Bintara (Diktuba) Polri gelombang kedua tahun 2023 yang bertempat di Lapangan Letkol Pol Chr. Tahapary, Kota Ambon, Kamis (21/12/2023).

Dalam kegiatan itu turut dimeriahkan oleh berbagai atraksi tarian kolosal Maluku seperti toki gaba-gaba, maupun tarian katreji yang diperagakan 230 Bintara Polri dengan sejumlah sanggar seni di kota Ambon.

Menariknya, pada kesempatan itu, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif secara tiba-tiba ikut menyaksikan secara langsung tarian toki gaba-gaba dari dekat. Ia yang didampingi Komandan Secaba Rindam XVI/Pattimura dan para pejabat utama Polda Maluku, pun terlibat dalam tarian tersebut.

Tampak, Orang nomor 1 Polda Maluku ini sangat berhati-hati ketika memasukan kaki di antara dua gaba-gaba yang diketuk para pemain. Pasalnya, jika salah dalam melangkah maka resikonya adalah kaki terjepit pada gaba-gaba atau ranting dahan pohon sagu yang dikeringkan tersebut.

"Tarian toki gaba-gaba ini khas permainan orang Maluku yang harus terus dilestarikan. Banyak sekali kekhasan Maluku yang masih dipertahankan sampai sekarang," kata Kapolda.

Bagikan ke teman kamu