Kapolda Buka Pelatihan Pra Operasi Mantap Brata di Maluku

Kapolda Buka Pelatihan Pra Operasi Mantap Brata di Maluku

POLDA MALUKU - Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, membuka kegiatan pelatihan pra operasi Mantap Brata Salawaku 2023 - 2024. Kegiatan itu dilaksanakan di Gedung Presisi Polda Maluku, Kota Ambon, Selasa (10/10/2023).

Saat pembukaan kegiatan, Kapolda didampingi Wakapolda Brigjen Pol Stephen M. Napiun, dan Irwasda Maluku. Turut hadir para pejabat utama Polda Maluku, serta peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 750 orang.

"Pemilu dilaksanakan secara serentak di Indonesia. Pemilu kali ini pelaksanaannya berbeda dengan tahun-tahun yang lalu. Sehingga kita dituntut untuk bekerja keras dalam melaksanakan pengamanan, karena tidak ada bantuan dari daerah lain," kata Kapolda.

Irjen Latif menekankan agar Polda Maluku harus siap dan mandiri untuk melaksanakan pengamanan Pemilu. Ini disebabkan karena Pemilu dilaksanakan serentak sehingga setiap Polda mengamankan daerah masing-masing.

"Saya minta kita untuk terus tingkatkan kegiatan preemtif dan preventif secara maksimal, sehinggah mencegah terjadinya gerakan kriminal dan tindak pidana Pemilu yang menonjol," pintanya.

Semua personel juga diharapkan untuk selalu mengecek dan mengupdate setiap kondisi kamtibmas yang dinamis di wilayah masing-masing.

"Cegah terjadinya pelanggaran dan penyimpangan-penyimpangan oleh anggota yang menjadi pemicu konflik sosial di masyarakat," harapnya.

Kapolda juga kembali mengingatkan mengenai netralisasi anggota Polri dalam setiap perhelatan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Berikan arahan-arahan kepada keluarga besar Polri yang ikut menjadi salah satu caleg untuk tidak menggunakan fasilitas dinas dan tetap menjaga nama institusi Polri. Selalu tingkatkan sinergitas dengan TNI, KPU, Bawaslu, serta tokoh-tokoh masyarakat," pintanya.

Sebelumnya, Karo Ops Polda Maluku, Kombes Pol Asep Saipudin, menyampaikan, pelatihan pra operasi Mantap Brata bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan personel. Pelatihan ini juga untuk memberikan gambaran kepada para peserta saat melaksanakan operasi di lapangan.

"Pelatihan ini akan digelar selama 3 hari terhitung dari tanggal 10 sampai dengan 12 Oktober 2023," katanya.

Bagikan ke teman kamu