Kabagbinopsnal Ditpolairud Polda Maluku Jadi Khatib Jumat di Masjid Al-Iqro SPN Polda Maluku

Kabagbinopsnal Ditpolairud Polda Maluku Jadi Khatib Jumat di Masjid Al-Iqro SPN Polda Maluku

Pada hari Jumat 10 November 2023 bertempat di Masjid Al- Iqro SPN Polda Maluku Kabagbinopsnal Ditpolairud Polda Maluku Kompol H Akmil Djapa menjadi Khatib pada Shalat Jumat. 

Hadir pada shalat jumat personil SPN polda Maluku dan Siswa Bintara Polri yang beragama islam.

Dalam khutbahnya yang berjudul MENGASAH RASA SYUKUR, Akmil mengajak kepada jamaah untuk selalu merendahkan diri dihadapan Allah swt, dengan berusaha meningkatkan ketaqwaan kepada Allah swt dengan cara menaati-Nya dengan tidak memaksiati-Nya, bersyukur kepada-NYA dengan tidak mengkufuri-NYA, serta selalu mengingatnya dengan tidak melupakan-NYA.

Alhamdulillah.. kita saat ini mendapat kenikmatan yang banyak terutama nikmat sehat dan kesempatan. 

Kalau hari ini kita bisa makan dua kali sehari, mungkin ditempat lain ada yang tidak bisa makan seperti kita bahkan kelaparan.

Terkadang makanan yang kita makan sampai tersisa, ditempat lain ada sangat memerlukan makanan itu untuk menyambung hidupnya. 

Hari ini kita bisa tidur dengan nyenyak, mungkin disana ada orang yang ingin bisa tidur seperti tempat tidur yang kita miliki.

Sesungguhnya kalau kita mau mensyukuri apa yang telah kita miliki maka tidak ada alasan untuk mengingkari kenikmatan yang telah dianugerahkan kepada kita, tetapi kita masih saja merasa masih kekurangan hanya karena mengejar yang kita inginkan.

Sehingga kita hanya bisa mengeluh setiap hari.

Pernahkan kita bersyukur di pagi hari ketika bangun pagi bisa melihat anak istri di rumah kita, ketahuilah diluar sana masih banyak yang diwaktu bangun pagi sendirian tidak bisa melihat anak dan istrinya.

Sama halnya walaupun para siswa saat ini ditempa di lembaga pendidikan dan semuanya serba diatur namun yakinlah diluar sana masih banyak orang yang ingin menikmati seperti para siswa,  namun Allah belum menakdirkan mereka untuk bisa berada di lembaga pendidikan seperti para siswa.

Untuk itu teruslah bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah swt saat ini.

Jangan melakukan pelanggaran sekecil apapun. Jika nantinya bertugas maka lakukan yang terbaik dengan tugas yang terbaik. Jangan jemu menabur kebaikan dimanapun anda bertugas. 

Firman Allah swt dalam Al Quran Surah Yunus ayat 60 yang maknanya "Sesungguhnya Allah benar- benar mempunyai karunia (yang dilimpahkan) kepada manusia, tetapi kebanyakan mereka tidak bersyukur.

Mari kita asah rasa syukur kita dengan memandang bahwa hidup ini bukan mengejar keinginan yang tidak ada batasnya, tetapi hidup ini untuk belajar merasa cukup yang disebut dengan Qanaah.

Akmil menyampaikan bahwa Qanaah ialah sikap rela menerima atau merasa cukup dengan apa yang didapat serta menjauhkan diri dari sifat tidak puas dan merasa kekurangan.

Sikap ini muncul dari keyakinan yang kuat setelah berusaha sebaik mungkin. Orang yang memiliki sikap qanaah sadar bahwa untuk mencapai suatu keinginan, harus dilakukan dengan usaha dan memohon Ridho Allah swt. 

Sikap qanaah terkait erat dengan sikap syukur kepada Allah swt. Perbedaannya sikap qanaah lebih menekankan rasa rela menerima ketentuan Allah swt, sementara syukur lebih menekankan rasa terim kasih dan harapan kepada Allah swt. Kedua sikap ini berjalan beriringan dalam setiap kejadian.

Jadi jika ada sikap merasa kurang pada diri kita itu karena kurang bersyukur dari apa yang telah kita miliki.

Diakhir khutbahnya Akmil menyampaikan kepada  jamaah bahwa bersyukur dan qonaah adalah sikap bijak bagi setiap muslim. Sebagaiman firman Allah swt dalam Al-Quran surah Al Baqarah ayat 152 yang maknanya : Maka ingatlah kepada -KU, AKU pun ingat kepadamu, Bersyukurlah kepada-KU dan janganlah kamu ingkar kepada-KU.

Bagikan ke teman kamu