Jelang Pelaksanaan Pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024, Polres SBT Gelar Latpraops Lilin Salawaku 2023

Jelang Pelaksanaan Pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024, Polres SBT Gelar Latpraops Lilin Salawaku 2023

POLRES SBT - Dalam rangka melatih kesiapan personel dalam rangka pengamanan hari raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Polres Seram Bagian Timur melaksanakan Pelatihan Pra Operasi (Lat Pra Ops) Lilin Salawaku 2023 dengan tema “Kita Tingkatkan Kemampuan dan profesionalisme Polri Dalam Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Guna Memelihara Keamanan Dalam Negeri” yang dilaksanakan di Aula Parama Satwika, selasa (19/12/2023).

Kegiatan ini di buka langsung oleh Kapolres SBT AKBP Agus Joko Nugroho, S.H., S.I.K., didampingi Kabag Ops AKP Androyuan Elim, S.I.K., M.H., dan diikuti oleh PJU Polres dan personel yang terlibat dalam sprin.

Sebagai informasi pelaksanaan Operasi Lilin Salawaku 2023 berlangsung selama 12 hari dari tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Dilaksanakannya Lat Pra Ops ini bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan personel dalam menghadapi berbagai kemungkinan gangguan kamtibmas yang dapat terjadi pada saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) serta memberikan kenyamanan dan kelancaran kepada para jemaat yang melaksanakan ibadah maupun masyarakat yang akan menikmati liburan.

Kapolres SBT AKBP Agus Joko dalam amanatnya mengatakan peringatan hari Natal dan tahun baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah keagamaan di gereja-gereja serta tempat-tempat rekreasi ditempat-tempat wisata.

“Kesiapan arus mudik Natal dan Tahun Baru perlu di antisipasi contohnya seperti di pelabuhan sesar dan pelabuhan yang berada di polsek-polsek sehingga perlu melibatkan anggota Polsek dalam pelaksanaan operasi, dan yang perlu di antisipasi juga adalah peredaran petasan dan miras mengingat malam Tahun Baru, sehingga harus di lakukan Razia untuk mencegah kriminalitas,” ujarnya.

Pada Operasi Lilin Salawaku 2023, Polres SBT membagi pos-pos yang harus di isi sebagai pos pelayanan dan pengamanan di antaranya terdapat 6 pos terdiri dari 2 pos di Bula, 1 pos di Kec. Bula Barat, 1 pos Kec. Wakate, Kec. Seram Timur dan Kec. Siwalalat..

Diakhir amanatnya Kapolres menekankan kepada peserta pelatihan hendaknya mengikuti seluruh rangkaian kegiatan latihan ini dengan serius  dan bersungguh-sungguh sehingga nantinya  memiliki arah dan pedoman yang jelas dalam  melaksanakan tugas operasi.

Bagikan ke teman kamu