Jaga Kondusifitas jelang Pilkada, Polres Kepulauan Tanimbar gelar Patroli gabungan TNI Polri

Jaga Kondusifitas jelang Pilkada, Polres Kepulauan Tanimbar gelar Patroli gabungan TNI Polri

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Dalam upaya menjaga situasi yang kondusif jelang Pilkada serentak pada pelaksanaan Operasi Mantap Praja (OMP), Polres Kepulauan Tanimbar menggelar Patroli gabungan TNI-Polri dalam rangka pengamanan pentahapan penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar.


Dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Kepulauan Tanimbar Iptu P. METANILA selaku Kasatgas Preventif, Patroli gabungan ini melibatkan Personel Polres Kepulauan Tanimbar dan Personel Kodim 1507 Saumlaki yang dilakukan sebagai bagian dari langkah preventif maupun Preemtif guna mengantisipasi serta mencegah potensi terjadinya ancaman maupun gangguan Kamtibmas selama proses Pilkada berlangsung hingga selesai.


Dengan menyisir setiap sudut Wilayah di Kota Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Sabtu (08/09/24) malam, Patroli gabungan TNI Polri ini menyasar pada Kantor Penyelenggara Pemilu, Kantor Pengawas Pemilu, obyek vital, pemukiman Warga, pusat keramaian hingga lokasi yang dianggap rawan terjadinya gangguan Kamtibmas maupun tindak kejahatan.


Selain melaksanakan Patroli Mobile, Aparat gabungan pun turut menyambangi Warga yang masih beraktivitas di malam hari. Nampak Petugas melakukan dialog aktif guna mendorong partisipasi Masyarakat dalam menjaga situasi Kamtibmas di lingkungannya, sekaligus Masyarakat diajak untuk mensukseskan Pilkada serentak Tahun 2024, agar terciptanya Pilkada yang sejuk dan damai.


Selain itu, Masyarakat pun diberikan pemahaman dan diingatkan untuk segera melaporkan segala hal yang mencurigakan kepada petugas keamanan terdekat yang dianggap dapat berpotensi mengganggu keamanan, kenyamanan hingga ketertiban Masyarakat di lingkungannya.


Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., M.H., melalui Kasi Humas Iptu OLOF BATLAYERI selaku Kasatgas Humas mengatakan, Patroli gabungan yang digelar sebagai bagian dari pelaksanaan Operasi Mantap Praja (OMP) Salawaku 2024 ini, merupakan komitmen Kami TNI Polri untuk menjaga Kondusifitas selama proses pentahapan maupun Pemilihan Kepala Daerah berlangsung hingga selesai.


“Hal ini merupakan bagian dari langkah Preventif dan Preemtif untuk menciptakan kondusifitas di lingkungan Masyarakat dan memonitor perkembangan situasi Kamtibmas sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya gangguan Kamtibmas” ungkapnya.


Melalui Kolaborasi yang efektif dan Sinergitas yang kuat antara Polri dan TNI lewat Patroli gabungan ini, sambung Kasi Humas, tentunya dapat menjadi kunci keberhasilan dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban Masyarakat yang kondusif, khususnya jelang Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2024.


“Semua ini tak akan berjalan dengan baik dan  lancar tanpa adanya dukungan dari seluruh elemen Masyarakat, sehingga pentingnya kerja sama dan dukungan dari semua pihak” tutupnya.

Bagikan ke teman kamu