Jaga keamanan laut, Satuan Polair Polres Kepulauan Tanimbar lakukan Patroli Perairan

Jaga keamanan laut, Satuan Polair Polres Kepulauan Tanimbar lakukan Patroli Perairan

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Demi pemeliharaan Kamtibmas perairan dan Penegakan hukum di laut, Satuan Polisi Perairan Polres Kepulauan Tanimbar melaksanakan Patroli Perairan pada seputaran Wilayah Hukum Polres Kepulauan Tanimbar, Kamis (26/09/24).


Giat Patroli ini bertujuan untuk memantau situasi perairan, mengantisipasi tindak pidana perairan hingga mencegah terjadinya kecelakaan laut. Selain itu, Personel Sat Polair pun juga melakukan pengawasan dan memantau aktivitas kapal nelayan yang melakukan kegiatan di Perairan.


Dalam kegiatan tersebut, Personel Satuan Polair Polres Kepulauan Tanimbar melaksanakan Patroli Perairan dengan menggunakan Kapal Polair KP XVI -2009 yang dipimpin langsung oleh Kasat Polair Polres Kepulauan Tanimbar Ipda REIMAL F. PATTY yang diawali dengan pelaksanaan Apel kesiapan sebelum melaksanakan Patroli.


Rute Patroli tersebut dimulai dari Pelabuhan Tanimbar Raya Saumlaki, melintasi perairan dan pesisir Laut Desa Lermatang dengan titik koordinat 08°01′23.03′′ S 131°14′59.23′′ E dan 07°57.310'S 131°3.′512′ E. Selanjutnya melintasi Perairan Desa Matakuss dengan posisi titik koordinat 08°2'353′ S 13°13.214'E, hingga melewati Perairan Pulau Asutubun dengan titik koordinat 8°2.781'S • 131°14.446'E.


Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., M.H., melalui Kasat Polair Ipda REIMAL F. PATTY mengatakan, giat Patroli yang dilakukan ini merupakan upaya Preventif pihaknya dalam dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Perairan, serta memberikan perlindungan bagi para nelayan maupun Masyarakat yang melakukan aktivitas di wilayah Perairan, khususnya di Wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.


“Hal ini sangatlah penting sebagai pelaksanaan tugas Kepolisian dalam memberikan pelayanan prima kepada Masyarakat, tak hanya di darat saja namun juga di Perairan” terangnya.


Selain untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban serta terciptanya Harkamtibmas di Perairan maupun Daerah Pesisir, sambung Ipda REIMAL F PATTY, kegiatan Patroli Perairan ini pun juga merupakan upaya Kami Kepolisian Perairan dalam Penegakan Hukum, apabila ditemukan adanya perbuatan tindak pidana di Laut.


Selama pelaksanaan Patroli Perairan Satuan Polair Polres Kepulauan Tanimbar secara mobile tersebut berlangsung, tidak ditemukan adanya pelanggaran maupun tindak pidana yang terjadi di Perairan. Situasi Kamtibmas pada Perairan seputaran Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar pun dilaporkan terpantau aman dan kondusif.

Bagikan ke teman kamu