Dialogue Coffe Polres SBT Bersama Perwakilan OKP Dalam Rangka Mengoptimalkan Rumah Kebangsaan Untuk Mendorong Persatuan Dan Kesatuan Bangsa.

Dialogue Coffe Polres SBT Bersama Perwakilan OKP Dalam Rangka Mengoptimalkan Rumah Kebangsaan Untuk Mendorong Persatuan Dan Kesatuan Bangsa.

Minggu (10/12/2023), bertempat disalah satu kedai kopi di kota bula, Polres Seram Bagian Timur melaksanakan kegiatan Dialogue Coffe bersama perwakilan OKP dalam rangka mengoptimalkan Rumah Kebangsaan untuk mendorong persatuan dan kesatuan bangsa dengan tema "Generasi Muda Seram Bagian Timur Mendukung Polri Mewujudkan Pemilu Damai 2023".

Kegiatan ini dipimpin oleh Kasat Intelkam Polres SBT Iptu Erwin Abbas, S.Hi., bersama personelnya dan diikuti oleh para ketua OKP yang berada di Kab. SBT, diantaranya dari GMNI cab. SBT, PMII, LMND, KAMMI, dan IMM.

Pada kegiatan tersebut Kasat Intelkam Iptu Erwin menjelaskan, “Pertemuan ini selain ajang silaturahmi juga dimaksudkan untuk membentuk Posko Kebangsaan yang diharapkan dapat menjadi wadah bersama membangun kemitraan dengan berbagai elemen masyarakat diantaranya Ormas dan OKP di Kab. SBT”.

“Lewat Posko kebangsaan ini dengan kegiatan diskusi atau lain sebagainya sekiranya dapat memberikan konstribusi yang positif bagi pemeliharaan kamtibmas di Kab. SBT khususnya dalam menghadapi agenda Nasional pesta demokrasi yang hari ini telah masuk pada tahap kampanye bisa berjalan dengan baik dan terciptanya Pemilu damai 2024,” tambahnya.

Tak lupa Kasat Intelkam menghimbau kepada para OKP yang berada di Kab. SBT untuk bersama-sama dengan kepolisian dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman, damai dan kondusif menjelang perhelatan Pemilu 2024 yang akan dating.

“Sebagai kalangan intelektual muda, sudah barang tentunya para aktivis di LSM maupun OKP mempunyai berbagai inovasi dan pikiran - pikiran positif yang dapat memberikan edukasi politik yang baik kepada masyarakat, demokratis, jujur, adil, tidak terpengaruh dengan kampanye - kampanye hitam, provokatif, hoax yang dilakukan oleh  orang - orang ang tidak bertanggung jawab, untuk itu kami mengajak kalangan aktivis dan tokoh - tokoh sentral di Kab. SBT bersama - sama mendukung Kepolisian dalam menjadi stabilitas kamtibmas di Kab. SBT,” himbau Erwin.

Dalam kesempatan tersebut para ketua OKP juga menyampaikan pendapatnya, “Potensi gangguan keamanan di Kab. SBT pada Pemilu 2023 sangat kecil karena cuma ada Pileg dan Pilpres, lain halnya dengan Pilkada suhunya pasti berbeda dan Kab. SBT punya catatan yang buruk soal Pilkada sebelum-sebelumnya sehingga menyebabkan partisipasi pemilih menurun”.

Mereka juga menambahkan, “Lewat pertemuan ini, kami juga menghimbau kepada masyarakat Kab. SBT unuk menjaga persatuan dan kesatuan kita sebagai anak bangsa, mari kita ciptakan Pemilu damai 2024, jauhi hoax, ujaran kebencian  dan money politik serta apapun bentuknya yang dapat menodai proses demokrasi dan sendi - sendi kehidupan di Kab. SBT,” ucap salah satu perwakilan ketua OKP.

Diakhir kegiatan, para ketua OKP cab. SBT memberikan apresiasi sekaligus harapan kepada Polres Seram Bagian Timur agar dapat melanjutkan trend positif serta selalu memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya di Kab. SBT.

“Apresiasi kami terhadap Polres SBT dengan adanya Posko kebangsaan seperti yang dilakukan Polda Maluku dengan Rumah Kebangsaan yang di dalamnya ada OKP Cipayung plus, semoga membeikan manfaat kepada masyarakat, Harapan kami kepada pihak Kepolisian dapat memberantas isu - isu hoax di media sosial dengan menggunakan akun palsu di Kab. SBT, melakukan proses hukum terhadap semua laporan dan pengaduan masyarakat sehingga tidak menimbulkan permasalahan baru yang dapat mengganggu kamtibmas,” ungkap Sofyan Keliobas, perwakilan dari OKP.

Bagikan ke teman kamu