Data Gangguan Kamtibmas Semester 1 Tahun 2024 Turun, Kapolda: Tingkatkan Siskamling dan Patroli Terbuka

Data Gangguan Kamtibmas Semester 1 Tahun 2024 Turun, Kapolda: Tingkatkan Siskamling dan Patroli Terbuka

POLDA MALUKU - Kepolisian Daerah Maluku  menggelar Rapat Analisa dan evaluasi kinerja untuk wilayah Hukum Polda Maluku dan jajaran, Rabu,(5/6/2024)

Rapat Analisa dan Evaluasi yang digelar rutin setiap bulan ini menyangkut "Analisa dan Evaluasi Gangguan Kamtibmas Polda Maluku dan jajaran selama bulan Mei 2024 berlangsung di Ruang Rapat PJU lantai 2 Polda Maluku.

Anev Rutin tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Daerah Maluku Inspektur Jenderal Polisi Drs. Lotharia Latif S.H., M.Hum. didampingi Wakapolda Maluku Brigadir Jenderal Polisi Stephen M. Napiun S.I.K, S.H, M.Hum dan dihadiri pula oleh seluruh Pejabat Utama Polda Maluku serta seluruh Kapolres jajaran Polda Maluku secara daring melalui Zoom meeting.

Selain membahas kesiapan Polda Maluku dalam menghadapi peringatan ke-78 Bhayangkara, Kapolda Maluku juga melakukan evaluasi terhadap kinerja Polda Maluku dan jajaran dalam upaya menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Dari hasil evaluasi diketahui bahwa situasi Kamtibmas Polda Maluku dan jajaran selama bulan Mei 2024 dalam keadaan aman dan kondusif, untuk tingkat gangguan Kamtibmas mengalami penurunan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

"Berdasarkan data Gangguan Kamtibmas selama tahun 2024 terhitung bulan Januari- Mei 2024 berjumlah 1908 kasus, dibandingkan periode yang sama (Januari-Mei) di tahun 2023 berjumlah 2012 kasus, ini berarti mengalami penurunan sebesar 5%, jadi dapat disimpulkan bahwa situasi Kamtibmas Polda Maluku dan jajaran sampaai dengan saat ini dalam keadaan aman dan kondusif, walaupun ada beberapa kejadian/kasus menonjol yang terjadi dan menjadi atensi bersama untuk diantisipasi, untuk itu dorong masyarakat untuk meningkatkan siskamling dan Polri melakukan patroli terbuka di daerah rawan kejahatan", tegas Kapolda.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Maluku juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh  personil Polda Maluku dan jajaran serta seluruh Masyarakat Maluku yang telah berpartisipasi aktif mendukung Polda Maluku dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif".

"Saya selaku Kapolda Maluku menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh personil Polda Maluku dan jajaran atas kinerjanya serta seluruh masyarakat Maluku yang telah berpartisipasi aktif mendukung Polda Maluku dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polda Maluku."

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku agar situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif ini tetap kita jaga dan pelihara, tingkatkan Siskamling di masing-masing wilayah, cegah potensi-potensi yang cenderung berpotensi terjadinya kejahatan seperti kumpul-kumpul yang tidak ada tujuannya, penyalahgunaan miras dan perjudian serta kejahatan dijalanan."

"Polda Maluku sudah melakukan semua langkah baik dari pembinaan sampai penegakan hukum, tapi tentu saja masih ada muncul satu dua hal yang seperti itu di lapangan yang memerlukan partisipasi masyarakat untuk mencegah dan menolak perilaku seperti itu di tengah masyarakat."

"Selanjutnya kepedulian orang tua terhadap aktifitas pergaulan anak-anak, cek keberadaan anak dan jangan biarkan bebas tanpa batas , yang kemudian malah menjadi pemicu terjadinya perselisihan bahkan pertikaian antar warga," himbau Kapolda.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda mengajak agar menghindari perbuatan-perbuatan provokasi baik secara langsung maupun melalui medsos bila ada kejadian yang perlu di cek kebenarannya, sehingga tidak langsung mengkaitkannya ke isu SARA , bila ada pelangaran hukum maka itu tanggung jawab perorangan dan jangan dibawa bawa atas nama kelompok atau suku .

Kapolda juga menyampaikan agar kita semua menjaga kerukunan dan menghentikan pertikaian dan konflik yang tidak perlu ,sehingga Maluku aman dan menarik investor untuk membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat Maluku.

Bagikan ke teman kamu