Cegah gangguan Kamtibmas, Sat Samapta Polres Kepulauan Tanimbar tingkatkan Patroli malam

Cegah gangguan Kamtibmas, Sat Samapta Polres Kepulauan Tanimbar tingkatkan Patroli malam

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Dalam upaya mengantisipasi gangguan Kamtibmas hingga tindak kejahatan di malam hari, Satuan Samapta Polres Kepulauan Tanimbar gencar melaksanakan Patroli malam secara rutin dan humanis, Rabu (25/07/24) malam.


Giat Patroli malam yang rutin dan secara berkala dilakukan ini merupakan upaya Preventif Polri dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada Masyarakat, serta meminimalisir tindak kejahatan di malam hari. Dengan sasaran, pada sejumlah Obyek Vital dan fasilitas publik serta, kawasan yang rawan berpotensi terjadinya gangguan Kamtibmas maupun tindak kejahatan.


Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, nampak Personel Satuan Samapta melakukan beberapa kegiatan diantaranya Patroli Mobile untuk memastikan situasi tetap aman dan kondusif pada lokasi-lokasi rawan, hingga melakukan Dialogis dengan menyambangi beberapa Warga yang masih melakukan aktivitas di malam hari, guna menyampaikan Imbauan dan pesan Kamtibmas.


Lewat kunjungan yang dilakukan, Masyarakat diimbau oleh Petugas Patroli Sat Samapta tentang pentingnya menjaga situasi keamanan dan ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di lingkungannya masing-masing, sehingga dapat mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas maupun tindak kejahatan yang berkembang dan terciptanya Kondusifitas, khususnya menjelang Pilkada serentak 2024.


Tak hanya itu, Masyarakat pun diajak untuk dapat berpartisipasi aktif dan bekerja sama dengan aparat Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Tentunya peran aktif Masyarakat dalam mendukung Kepolisian untuk menjaga dan memastikan keamanan lingkungan sangat penting, seperti halnya melaporkan hal yang mencurigakan kepada pihak Kepolisian.


Sementara itu di tempat terpisah, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., M.H., melalui Kasat Samapta Iptu P. METANILA mengatakan, Kegiatan ini Patroli rutin ini merupakan bentuk upaya pencegahan dalam meminimalisir adanya aksi kejahatan atau tindak kriminalitas di malam hari. Dengan menemui warga, Petugas pun memberikan Imbauan kepada warga Masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan agar terhindar dari segala bentuk aksi kriminalitas.


“Dengan meningkatkan Patroli malam ini, pelaksanaan tugas Kepolisian sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan dapat terwujud dan lebih dirasakan oleh Masyarakat guna terciptanya rasa aman dan nyaman” jelasnya.


Selain itu, sambung Kasat, kegiatan ini pun juga merupakan cara yang efektif dan tepat sasaran bagi Anggota Polri dalam menjalin silaturahmi serta membangun rasa kepercayaan Masyarakat terhadap Polri, yang senantiasa hadir memberikan Perlindungan, pengayoman dan Pelayanan kepada Masyarakat.


“Lewat kehadiran Petugas Kepolisian, diharapkan mampu memberikan kontribusi Positif dan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman” tutupnya.

Bagikan ke teman kamu