Bhabinkamtibmas Aipda S. Salawane Jadikan Masukkan Warga Guna Tingkatkan Kualitas Pelayanan Polri

Bhabinkamtibmas Aipda S. Salawane Jadikan Masukkan Warga Guna Tingkatkan Kualitas Pelayanan Polri

Humas Polres MBD – Salah satu langkah strategis Bhabinkamtibmas dalam membina warga melalui program pembinaan kepada masyarakat sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat guna terwujudnya kondusifitas Kamtibmas di Desa.


Program kerja yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Tepa salah satunya melaksanakan program pembinaan melalui Sambang Desa, kali ini Bhabinkamtibmas Desa Manuwui Aipda S. Salawane hadir bersama Babinsa Desa Manuwui di Desa Manuwui Kecamatan Babar Barat Kabupaten Maluku Barat Daya pada Selasa siang (24/09/2024). 


Bhabinkamtibmas Aipda Salawane membangun komunikasi dengan warga dimana menurutnya sangat efektif karena dapat bertemu secara langsung dengan warga dalam menerima informasi dan masukkan warga terkait perkembangan situasi keamanan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat.  


Saat berkomunikasi warga diminta untuk membantu aparat Kepolisian menjaga keamanan dan ketertiban di Desa, Bhabinkamtibmas juga mengajak warga untuk bijak melihat perkembangan situasi serta bersama-sama bhabinkamtibmas berupaya mencegah adanya penyebaran isu-isu yang tidak benar (Hoax) yang menyesatkan dan mengganggu stabilitas Kamtibmas di Desa.   


Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K. melalui Kapolsek Tepa Iptu Denny Gaspersz saat dikonfirmasi mengatakan, Program pembinaan oleh Bhabinkamtibmas melalui sambang Desa berupa penyampaian himbauan dan pesan-pesan kamtibmas kepada warga kemudian mendengar masukkan masyarakat sebagai acuan untuk mengambil langkah lebih lanjut sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. 


Kapolsek juga menjelaskan, Sesuai dengan tugas, fungsi dan peran Bhabinkamtibmas sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Kapolri Nomor 7 tahun 2021 tentang Bhabinkamtibmas, dirumuskan tugas Pokok Bhabinkamtibmas yaitu melakukan pembinaan, menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat (problem solving), dan melakukan tugas perbantuan serta melakukan deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan yang terjadi di Desa.


Kapolsek menambahkan pula, Dengan melaksanakan tugas, fungsi dan peran sebagai Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan di tengah-tengah masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri. 


“ Pimpinan berharap kepada seluruh Bhabinkamtibmas agar didalam melaksanakan tugasnya selalu mengedepankan pola pembinaan melalui pembinaan maupun sosialisasi kamtibmas agar masyarakat dapat mengerti dan memahami pentingnya kondisi kamtibmas sebagai jaminan terlaksananya aktifitas warga dengan aman serta menumbuhkan kepercayaan warga terhadap kinerja Polri. “ tutup Kapolsek.

Bagikan ke teman kamu