Bersama para peserta pelatihan Satpam, Polres Kepulauan Tanimbar gelar Jumat Curhat

Bersama para peserta pelatihan Satpam, Polres Kepulauan Tanimbar gelar Jumat Curhat

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Wujudkan Polisi Keselibur (Polisi Sahabat Masyarakat), Polres Kepulauan Tanimbar kembali menggelar Jumat Curhat bersama para Peserta Pelatihan Satuan Pengamanan (Satpam), yang berlangsung di Pandopo Kediaman Bupati Kepulauan Tanimbar, Jumat (20/09/24).


Kegiatan yang dipimpin oleh Kapolres Kepulauan Tanimbar yang diwakili Wakapolres Kompol FRIHAMDENI, S.H., S.I.K., M.A., ini turut didampingi oleh Kasat Binmas Iptu JOHANIS SAMPONU, KBO Sat Binmas Ipda J. SERMATANG, beserta para Personel Satuan Binmas Polres Kepulauan Tanimbar.


Dalam suasana yang santai dan penuh keakraban, nampak terlihat Wakapolres Kepulauan Tanimbar Kompol FRIHAMDENI, S.H., S.I.K., M.A., berinteraksi langsung dengan para Peserta Pelatihan Satpam, sehingga tentunya kegiatan ini menjadi sarana bertukar informasi dengan Masyarakat pada seputar situasi Kamtibmas, khususnya di kabupaten Kepulauan Tanimbar maupun terkait tugas-tugas Kepolisian.


“Tujuan dari kegiatan jumat curhat ini, untuk mendengar langsung keluhan dan kritikan, serta masukan terkait hal-hal mengenai permasalahan Harkamtibmas di lingkungan maupun terkait pelayanan Kepolisian, agar kedepan Polri bisa menjadi lebih baik. Tentunya dalam menjaga Kamtibmas, pentingnya peran dan dukungan aktif dari seluruh element Masyarakat” terangnya.


Disamping itu, Wakapolres pun menyempatkan diri untuk memberikan penjelasan terkait fungsi dan tugas Satuan Pengamanan. Beliau menerangkan terkait peraturan baris berbaris (PBB), TPTKP (tindakan pertama pada tempat kejadian perkara), bagaimana cara mengamankan barang-barang berharga, Penangkapan dan penggeledahan serta patut menduga orang yang akan melakukan kejahatan. Hingga penggunaan senjata api (senpi) dan Handy Talky maupun sandi.


“Disiplin tentunya sangat penting dalam kehidupan kita sehari, dan hal itu lahir dari diri sendiri” ujarnya.


Sebagai seorang petugas Security atau yang disebut Satuan Pengamanan (Satpam), Wakapolres mengungkapkan, dalam menjalankan tugas agar selalu menjaga sikap tampang serta menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dengan Masyarakat. Ha ini tentunya merupakan bagian dari bentuk pelayanan kepada masyarakat ,Karna security merupakan multi talenta.


“Satpam merupakan pekerjaan yang mulia dan sangat membantu tugas-tugas Kepolisian, tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan yang baik. olehnya itu rekrutmen Satuan Pengamanan Security ini harus sesuai dengan prosedur” jelasnya.


Pada Jumat Curhat kali ini dimanfaatkan oleh para Peserta Satpam dalam menyampaikan aspirasi maupun pertanyaan terkait tugas pokok maupun Harkamtibmas. Menanggapi aspirasi maupun pertanyaan yang disampaikan, Wakapolres memberikan penjelasan dan solusi yang komprehensif. Respon positif para Peserta pun ditunjukan lewat kegiatan ini, mereka mengungkapkan terima kasih. Kegiatan kemudian ditutup dan diwarnai dengan foto bersama.

Bagikan ke teman kamu