Bersama Forkopimda, Kapolres Kepulauan Tanimbar hadiri Deklarasi Kampanye Damai

Bersama Forkopimda, Kapolres Kepulauan Tanimbar hadiri Deklarasi Kampanye Damai

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Kapolres Kepulauan Tanimbar hadiri kegiatan Deklarasi Kampanye Damai yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU). Berlokasi di lapangan Mandriak Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Rabu (25/09/24) malam.


Acara ini turut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kepulauan Tanimbar maupun para Perwakilan dari Forkopimda, para Penyelenggara dan Pengawas Pemilu, para Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, para Pimpinan Partai politik, para Tokoh Agama, hingga Tamu Undangan lainnya.


Adapun pelaksanaan Deklarasi Pemilu Damai tersebut bertujuan untuk memastikan terselenggaranya Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) yang aman, sejuk dan damai, utamanya pada Wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Selain itu, acara ini diawali dengan konvoy dari para Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada seputaran Wilayah Kota Saumlaki.


Rangkaian kegiatan Deklarasi tersebut dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Jinggle Pilkada 2024, Doa bersama, sambutan, hingga Penandatanganan Naskah Deklarasi Kampanye Damai yang ditandatangani oleh masing-masing para Paslon, Pimpinan Parpol, Forkopimda, para Penyelenggara Pemilu. Serta, dilanjutkan dengan pelepasan Burung Merpati sebagai simbol dimulainya Kampanye Damai pada Pilkada serentak 2024.


Sementara itu usai kegiatan tersebut, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., M.H., menyatakan harapannya agar lewat momen Deklarasi ini dapat memperkuat komitmen Kita bersama dalam menciptakan Pemilihan Kepala Daerah yang aman, sejuk dan damai. Menurutnya, penting adanya kerja sama aktif dari semua pihak untuk menghindari konflik maupun yang melanggar hukum. Serta, hormati prinsip demokrasi dan mendorong dialog dalam perbedaan untuk menjaga Pilkada yang bermartabat dan berintegritas.


“Mari Kita mengedepankan nilai-nilai Demokrasi yang santun, sejuk dan damai, demi keamanan dan kelancaran pesta Demokrasi yang akan berlangsung” jelasnya.


Tak hanya itu, Kapolres berharap kepada para Pasangan calon untuk dapat benar-benar mengimplementasikan isi dari Deklarasi Kampanye damai tersebut dengan Arif dan bijaksana. Serta, mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi maupun golongan.


Kapolres juga menegaskan bahwa, Polres Kepulauan Tanimbar tetap berkomitmen untuk terus menjaga Netralitas dan siap mendukung penuh pengamanan seluruh rangkaian Pilkada tersebut. Hal ini tentunya dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya potensi gangguan keamanan yang dapat mengganggu jalannya tahapan menjelang, sesudah hingga setelah Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024 berlangsung.


Kegiatan Deklarasi Kampanye Damai ini pun diisi dengan acara Hiburan dan berlangsung dengan aman dan lancar hingga selesai. Semua ini tentunya berkat pengamanan ketat yang dilakukan oleh Personel Polres Kepulauan Tanimbar yang tergabung dalam Operasi Mantap Praja (OMP) Salawaku 2024.

Bagikan ke teman kamu