Begini Kata Kapolda di HUT ke-78 Brimob di Maluku yang Tampilkan Ragam seni budaya Indonesia

Begini Kata Kapolda di HUT ke-78 Brimob di Maluku yang Tampilkan Ragam seni budaya Indonesia

POLDA MALUKU - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Korps Brimob Polri yang digelar Brimob Polda Maluku di lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon, Kamis (16/11/2023), berlangsung sederhana dan meriah.

Kemeriahan itu tampak setelah adanya atraksi budaya dari berbagai kebudayaan di Indonesia, termasuk Maluku.

Ada tarian Gatot Kaca melawan Buto yang ditampilkan sanggar seni Yakso Muda Waimital dibawah binaan Polres Seram Bagian Barat (SBB). Tarian Barongsai oleh group GuanXi Ambon juga mewarnai perayaan HUT pasukan elit dari Polri tersebut. Dari Maluku, ada tarian Myama Tawahuk It yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Tarian ini dibawakan oleh sanggar seni dari SMA Negeri 3 Ambon.

Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, mengungkapkan, peringatan hari lahir ke-78 tahun Brimob Polri ini sengaja menampilkan berbagai tarian budaya dari Indonesia. Hal itu dilakukan karena Maluku sangat menghargai perbedaan. Polda Maluku punya program Basudara Manise, Katong Samua Basudara" merupakan semboyan kebersamaan yang bukan saja untuk sesama anak daerah tetapi semua kalangan bangsa Indonesia.

"Yang ditampilkan hari ini termasuk dari Jawa, dari kebudayaan Tiongkok dan sebagainya. Sebetulnya ini hanya representasi kalau orang Maluku lebih beragam dan majemuk. Tapi ini karena keterbatasan waktu maka kita tampilkan beberapa budaya yang ada juga di Maluku sebagai wujud kebhinekaan tetapi tetap menjunjun tinggi persatuan, kata Kapolda.

Selaku Kapolda, Irjen Latif pada kesempatan itu juga menyampaikan Selamat ulang tahun yang ke-78 kepada semua keluarga besar Korps Brimob Polri, khususnya di Maluku.

Irjen Latif mengaku, selama ini Brimob sudah banyak memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara, ikut berjuang mengisi pembangunan dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kapolda berharap ke depan, Brimob semakin modern, dan makin profesional, humanis serta selalu dicintai oleh rakyat.

"Tadi amanat bapan Kapolri jelas-jelas disampaikan beberapa pesan yang harus kita tindaklanjuti, khususnya terkait dengan Pemilu yang aman dan damai serta kondusif di wilayah Maluku," harapnya.

Bagikan ke teman kamu