Bakudapa Bacarita Damai, Kasat Intelkam Gandeng Tokoh Masyarakat Himbau Jaga Kamtibmas

Bakudapa Bacarita Damai, Kasat Intelkam Gandeng Tokoh Masyarakat Himbau Jaga Kamtibmas

Dalam rangka mengoptimalkan Rumah Kebangsaan untuk mendorong Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Polres Seram Bagian Timur dalam hal ini Satuan Intelijen dan Keamanan (Intelkam) Polres SBT melaksanakan kegiatan Bakudapa Bacarita Damai dengan tema "Peran Tokoh Mayarakat, Adat dan Tokoh Pemuda Seram Bagian Timur mendukung Polri mewujudkan Pemilu Damai 2024", yang dilaksanakan di pelataran rumah Bpk M. Yusuf Keliora, Desa Kampung Gorom, Kec. Bula, Selasa (26/12/2023).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kasat Intelkam Polres SBT Iptu Erwin Abbas, S.Hi, didampingi oleh KBO Intelkam Ipda Syarif Wairooy, S.H., serta personel dan diikuti oleh Kepala Desa Kampung Gorom Ismail Rumodar, Kepala Pemuda Desa Kp. Gorom Imbran Kelirey, serta masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut Kasat Intelkam menjelaskan, “Pertemuan ini selain ajang silaturahmi juga dimaksudkan untuk membentuk Posko Kebangsaan yang diharapkan dapat menjadi wadah bersama membangun kemitraan dengan berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Seram Bagian Timur.”

“Lewat Posko kebangsaan ini dengan kegiatan Bakudapa Bacarita Damai sekiranya dapat memberikan konstribusi yang positif bagi pemeliharaan kamtibmas di Kab. SBT khususnya Para Tokoh yang berepengaruh di di Desa Kampung Gorom dalam menghadapi agenda Nasional pesta demokrasi yang hari ini telah masuk pada tahap kampanye bisa berjalan dengan baik dan terciptanya Pemilu 2024 yang damai,” tambah pria berpangkat Iptu yang akrab dikenal dengan nama Erwin.

Iptu Erwin Juga menekankan, “Sebagai Tokoh yang memiliki pengaruh di masyarakat sudah barang tentu mempunyai berbagai inovasi dan pikiran - pikiran positif yang dapat memberikan edukasi politik yang baik kepada masyarakat, demokratis, jujur, adil, tidak terpengaruh dengan kampanye - kampanye hitam, provokatif, hoax yang dilakukan oleh  orang - orang yang tidak bertanggung jawab, untuk itu kami mengajak Para Tokoh Masyarakat, Adat dan Tokoh Pemuda Desa Kampung Gorom dapat bersama - sama mendukung Kepolisian dalam menjaga stabilitas kamtibmas di Kab. SBT”.

Dalam pertemuan tersebut, terdapat diskusi serta masukan dari beberapa warga yang hadir, diantaranya Imbran Kelirey selaku Tokoh Pemuda setempat, dia memberikan apresiasi kepada kepolisian dalam hal ini Polres SBT dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

“Apresiasi kami terhadap Polres SBT dengan adanya kegiatan Bakudapa Bacarita Damai yang melibatkan semua elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga situasi tetap aman dan kondusif di Pemilu 2024,” ucap Imbran.

“Potensi gangguan keamanan di Kab. SBT pada Pemilu 2024 sangat kecil, hal ini di sebabkan pada beberapa faktor yaitu Masyarakat sudah paham akan dampak yang sangat merugikan individu ataupun kelompok yang terjadi pada pemilihan sebelumnya dan Kebersamaan masyarakat yang sudah mengenal satu sama lain menjadi kemudahan dalam menyelesaikan masalah antara individu maupun kelompok sehingga berkembang,” tambahnya.

Diakhir penyampaiannya, Tokoh Pemuda Kp. Gorom siap bersama-sama dengan kepolisian dalam rangka menciptakan pemilu 2024 yang aman damai, dan kondusif.

“Kami sebagai Tokoh yang di percayakan masyarakat Kampung Gorom akan selalu mendukung segala kegiatan Kepolisian dalam memelihara kamtibmas dalam perhelatan Pemilu 2024 nanti, serta akan selalu meminta bantuan ataupun masukan dari pihak Kepolisian dalam hal pemencahan masalah baik secara hukum maupun kearifan lokal,” tutup Imbran.

Bagikan ke teman kamu