Apel Sinergi Pengawasan Laut Digelar di Dermaga Polairud Polda Maluku

Apel Sinergi Pengawasan Laut Digelar di Dermaga Polairud Polda Maluku

POLDA MALUKU - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Maluku melaksanakan apel bersama sinergi pengawasan laut. Apel digelar di dermaga Arnavat, Direktorat Polairud Polda Maluku, Rabu (18/10/2023).

Bertindak sebagai pembina apel yaitu Djaka Kusmartata, Kakanwil Dirjen Bea dan Cukai Maluku. Sementara komandan apel yakni AKP Can Situmorang, Ps. Kasi Harkan Ditpolairud Polda Maluku.

Apel bersama sinergi pengawasan laut, turut dihadiri Direktur Polairud Polda Maluku Kombes Pol Handoyo Santoso, Direktur Resnarkoba Polda Maluku, beserta pejabat dan pimpinan kementerian/lembaga lainnya.

Pada apel tersebut juga dirangkai dengan penyerahan plakat sebagai bentuk apresiasi dari Kakanwil Dirjen Bea dan Cukai Maluku, atas terselenggaranya sinergi pengawasan laut. Plakat diberikan kepada Kakanwil Bea dan Cukai khusus Papua, Direktur Polair Polda Maluku, Kepala Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai tipe B Sorong, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean C Ambon.

"Operasi bersama ini diselenggarakan untuk menindak lanjuti perjanjian kerjasama tentang peningkatan sinergi operasional sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing Instansi yang berkecimpung dalam pengawasan laut," kata Djaka Kusmartata, Kakanwil Dirjen Bea dan Cukai Maluku.

Kerjasama pengawasan laut diantaranya kesepakatan dalam tukar data dan informasi yang dilakukan antara Badan Pemeliharaan Keamanan Polri dan Dirjen Bea dan Cukai RI, dan Dirjen Bea dan Cukai dengan Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI.

"Upaya sinergi pengawasan laut diselenggarakan untuk menunjukkan pada masyarakat luas bahwa kita sebagai aparatur negara pemerintah Indonesia telah bersinergi, bekerjasama dalam mengamankan kepentingan negara terutama dalam menanggulangi dan menjaga dari pelanggaran-pelanggaran di wilayah perairan Indonesia khususnya di perairan Maluku dan sekitarnya," jelasnya.

Ia berharap operasi operasi ini dapat meminimalisir atau bahkan meniadakan pelanggaran di wilayah perairan Maluku dan khususnya perairan Teluk Ambon dan sekitarnya.

Bagikan ke teman kamu