6 Hari Kegiatan, Polres Tanimbar Gelar Anev Ops Bina Waspada

6 Hari Kegiatan, Polres Tanimbar Gelar Anev Ops Bina Waspada

Polres Kepulauan Tanimbar, Rabu tanggal 06 Oktober 2021 pukul 08.30 wit, bertempat di ruangan Vicon, Polres Kepulauan Tanimbar melaksanakan kegiatan analisa dan evaluasi (Anev) Operasi Bina Waspada Siwalima tahun 2021.

Kegiatan Anev Operasi Bina Waspada Siwalima tahun 2021 Polres Kepulauan Tanimbar yang sudah dilaksanakan selama 6 hari ini, dipimpin langsung oleh Waka Polres Kompol Hendra Y. P. Haurissa, S.H., didampingi Kasat Binmas Iptu J. Oraplean dengan peserta terdiri dari KBO Sat Binmas Ipda C. Waliulu, SE., beserta personil yang terlibat dalam surat perintah pelaksanaan Operasi, dengan tujuan, melalui kegiatan Anev ini dapat dilihat sejauh mana hasil pelaksanaan kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh personil yang terlibat dalam Operasi serta mencari solusi maupun tindak lanjut terhadap kendala atau hambatan yang ditemui demi kelancaran kegiatan operasi.

Setelah mendengarkan laporan hasil kegiatan operasi yang sudah dilaksanakan kurang lebih 6 hari dari Kasat Binmas selaku Pengendali Operasi, Waka Polres Kepulauan Tanimbar dalam arahannya menyampaikan beberapa hal yaitu, agar setiap mengawali kegiatan operasi para Kasatgas operasi wajib memberikan Brifing kepada personil sebelum turun ke lapangan, sesuai pengorganisasian serta kejelasan pembagian tugas sehingga dapat mencapai hasil yang optimal, dan sasaran pelaksanaan operasi agar lebih difokuskan kepada para Tokoh, kelompok maupun komunitas masyarakat yang dianggap berpotensi menyebarkan/terpapar paham Radikalisme maupun Separatisme lainnya.

Beliau juga menyampaikan agar cara bertindak dalam kegiatan operasi lebih mengutamakan tindakan Preemtif berupa Sambang, Silaturahmi, Imbauan maupun Penyuluhan dan dalam pelaksanaannya harus diidentidikasi permasalahan dan hambatan sehingga mempermudah kelancaran kegiatan operasi.

Ditambahkan pula oleh beliau, selain penyampaian sosialisasi, imbauan berupa Radikalisme maupun faham Separatisme lainnya, agar personil juga dapat mengkonversi Imbauan tersebut kepada kepatuhan Pemberlakuan Protokol kesehatan Covid-19, kegiatan Vaksinasi serta potensi gangguan kamtibmas lainnya yang berkembang di wilayah hukum Polres Kepulauan Tanimbar kepada masyarakat.

Sementara terkait anggaran operasi, pesan beliau agar anggaran yang sudah didistribusikan kepada personil, agar dapat dipergunakan sesuai peruntukannya serta seefisien mungkin guna memperlancar kegiatan Operasi yang masih belangsung beberapa hari kedepan.

“Terkait Sistem Pelaporan kegiatan, agar tetap mengacu pada petunjuk Pimpinan, terkait dengan format Pelaporan Operasi yang telah diberikan”. sambung beliau.

Kegiatan berlangsung aman dan lancar dengan penerapan Protokol kesehatan.

Bagikan ke teman kamu