Tanpa Pikir panjang Bripka Ronaldi Keliduan tunjukan aksi heroik selamatkan Penumpang KM. Leuser
  • ADMINISTRATOR
  • 24 Januari 2022
  • 925 x

Tribratanews.polrestanimbar.com – Polda Maluku, Polres Kepulauan Tanimbar, demi menolong seorang Penumpang KM. Leuser yang lompat ke laut, Bripka Ronaldi Keliduan personil Propam Polres Kepulauan Tanimbar Polda Maluku tak berpikir panjang langsung terjun kelaut dan menyelamatkan penumpang tersebut. (Senin/24/01/2022).

Kejadian tersebut terjadi ketika KM. Leuser yang akan tiba di Pelabuhan Ambon harus berputar beberapa jam disekitar laut tanjung Alang kota Ambon untuk mencari dan menyelamatkan seorang Penumpang yang bernama Yeremias Jale (31), asal Kupang, NTT dimana, yang bersangkutan nekad melakukan aksi Percobaan bunuh diri tersebut akibat kecewa hingga Depresi lantaran permasalahan upah kerja yang diterimanya tidak sesuai dengan perjanjian kerja yang telah dibuat bersama Bosnya (BS).

Melihat hal itu, Bripka Ronaldi Keliduan, personil Propam Polres Kepulauan Tanimbar Polda Maluku yang saat itu juga sementara menumpangi KM. Leuser bersama beberapa rekannya untuk mengikuti seleksi Sekolah Inspektur Polisi (SIP) tahun 2022 di Polda Maluku Ambon, langsung tergerak hatinya sebagai seorang Pelindung, Pengayom masyarakat untuk menyelamatkan korban Yeremias Jale ketika kapal berputar dan yang bersangkutan ditemukan dalam keadaan masih mengapung dilaut. Tak menunggu lama dan berpikir panjang Bripka Ronaldi langsung melompat kelaut tanpa menggunakan alat SAR laut lengkap sesuai SOP namun dengan tangan kosong dan seadanya berniat menyelamatkan korban si Yeremias.

Niat tulus dari sang Bripka Ronaldi seorang anggota Polri yang patut dicontoh dan ditiru oleh seantero insan bhayangkara ini dengan bantuan beberapa Nakhoda KM. Leuser dengan menggunakan tali yang dikaitkan pada badan kapal akhirnya berhasil menyelamatkan dan mengangkat korban Yeremias dari laut dan langsung dirawat pada Poliklinik Kapal.

Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Romi Agusriansyah, S.I.K., ketika mendengar hal ini di ruang kerjanya, turut mengancungkan jempol dan mengapresiasi tindakan heroik anggotanya Bripka Ronaldi Keliduan dan beliau berharap semoga apa yang dilakukan oleh Bripka Ronaldi dapat dicontoh dan ditiru oleh seluruh anggota Polri Polres Kepulauan Tanimbar Polda Maluku.

“Yang dilakukan oleh Ronaldi ini sangatlah mulia dan itu muncul dari hari kecilnya secara ikhlas yaitu naluri Polisinya yang muncul untuk tergerak menyelamatkan korban walaupun tidak didukung dengan peralatan SAR dan sebagainya, dan hal ini patut dicontoh oleh seluruh anggota.”  Ujar Kapolres kepada media Humas Polres Tanimbar.