Polairud Polda Maluku Bagi Masker Gratis
  • ADMINISTRATOR
  • 06 Agustus 2022
  • 18 x

POLDA MALUKU - Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Maluku gencar melaksanakan patroli keamanan dan keselamatan pelayaran di sejumlah daerah pesisir di Maluku, Jumat (5/8/2022).

Patroli dirangkai dengan program "bacarita basudara manise". Dimana, personil membagikan masker gratis, dan sekaligus memberikan himbauan tentang keselamatan pelayaran.

Direktur Polairud Polda Maluku, Kombes Pol Harun Rosyid SIK, mengatakan, pembagian masker secara gratis dilakukan crew Kapal Polisi (KP).XVI-1010 di pelabuhan rakyat di Tahoku, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

"Pembagian masker tadi diberikan kepada para pengguna jasa transportasi laut di seputaran pelabuhan rakyat Tahoku," kata Rosyid.

Selain membagikan masker secara gratis, para personil juga memberikan informasi terkait pentingnya pencegahan pandemi covid-19. Warga diminta memperhatikan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan bersih, dan selalu menggunakan masker saat keluar rumah.

"Selain itu kami juga melaksanakan pengamanan kegiatan arus naik turun penumpang speedboat Tahoku tujuan Seram, dan bongkar muat sembako, logistik dan hasil bumi. Kegiatan berjalan dengan baik, aman dan lancar," ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menghimbau masyarakat dan nahkoda kapal maupun speedboat untuk senantiasa memperhatikan alat keselamatan pelayaran.

"Kami juga menghimbau agar dalam melaksankan pelayaran harus mengutamakan keselamatan. Seperti muatan tidak melebihi kapasitas, dan kesiapan alat-alat keselamatan berupa life jacket, dan ring buoy," katanya.

Kepada nahkoda maupun para penumpang juga diingatkan untuk selalu memperhatikan cuaca atau kondisi lautan. Sebab, cuaca sewaktu-waktu dapat berubah secara cepat.

Selain di pelabuhan rakyat Tahoku, hal serupa juga dilaksanakan di pelabuhan rakyat di Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, dan bekerja sama dengan dinas perhubungan di Namlea, Kabupaten Buru.