Polairud Patroli dan Pengawasan Puluhan Kapal Sail To Indonesia Yacht Rally 2022
  • ADMINISTRATOR
  • 06 Agustus 2022
  • 58 x

POLDA MALUKU - Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Maluku, kembali melakukan patroli dan pengawasan terhadap puluhan unit kapal yang mengikuti Sail To Indonesia Yacht Rally 2022.

Patroli dan pengawasan digelar di tempat berlabuhnya puluhan kapal berbendera negara asing tersebut, perairan desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Sabtu (6/8/2022).

"Patroli dan pengawasan dilaksanakan menggunakan kapal RIB 01. Tadi terdapat 22 buah kapal yang terdiri dari negara Australia, Belanda, Amerika, Jerman, New Zeland, UK, Austria, dan Swedia," kata Direktur Polairud Polda Maluku, Kombes Pol Harun Rosyid, SIK.

Puluhan kapal tersebut, kata Rosyid, hari ini berlayar dari Ambon menuju  Bula, Ibukota Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

"Selama melaksanakan patroli dan pengawasan, situasi Kamtibmas di lokasi labu kapal-kapal terpantau aman terkendali, tidak ada kegiatan  yang menonjol dari para peserta lomba tersebut," katanya.

Patroli dan pengawasan keamanan juga dilakukan di sejumlah perairan di Maluku. Diantaranya di pelabuhan Amahai, Banda Neira, pelabuhan penyeberangan Tulehu - Masohi, dan pelabuhan rakyat Dobo.

"Kami juga melakukan sambang bacarita basudara manise yang merupakan program bapak Kapolda," ungkapnya.

Program bacarita basudara manise dilakukan dengan cara menemui para nelayan, nahkoda, ABK, maupun masyarakat pengguna transportasi laut secara langsung.

Selain menyampaikan himbauan keselamatan pelayaran, masyarakat juga diingatkan terkait pentingnya penerapan protokol kesehatan. Prokes diingatkan agar terhindar dari wabah pandemi covid-19.

"Selain melakukan pengamanan, kami juga memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat pesisir agar memperhatikan keselamatan pelayaran," ujarnya.

Masyarakat diminta untuk senantiasa memperhatikan kondisi cuaca yang sewaktu-waktu dapat berubah menjadi ekstrim.

"Kami juga meminta para pemilik kapal atau nahkoda maupun speedboat agar selalu mengecek serta membawa alat-alat keselamatan," pungkasnya.