Kapolda: Aipda Karel Sadsuitubun Teladan Kesetiaan Polri Kepada NKRI
  • ADMINISTRATOR
  • 14 Mei 2022
  • 100 x

POLDA MALUKU - Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, bersama Ketua PD Bhayangkari Maluku, Ny. Evi Lotharia Latif, saat berkunjung di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menyempatkan waktu berkunjung ke rumah salah satu Pahlawan Nasional, Aipda Karel Sadsuitubun.

Didampingi para pejabat utama Polda Maluku, Kapolda menuju rumah salah satu anggota Polri yang menjadi korban G30S PKI, di Desa Rumadian, Kecamatan Manyeu, Malra, Sabtu (14/5/2022).

Kedatangan Kapolda dan rombongan yang bertujuan untuk bersilaturahmi ini disambut hangat oleh keluarga besar Pahlawan Revolusi yang merupakan anggota Polri tersebut.

Kapolda dalam sambutannya mengaku sangat bangga bisa berkunjung di rumah salah satu Pahlawan Nasional asal Kabupaten Maluku Tenggara, provinsi Maluku ini.

"Hari ini saya merasa sangat bangga dan terhormat bisa hadir di rumah salah satu keluarga polisi yang mengharumkan nama baik polisi yaitu di rumah salah satu pahlawan revolusi Karel Satsuitubun," kata Kapolda.

Di hadapan keluarga Karel Satsuitubun, Kapolda mengaku kita semua adalah satu keluarga besar Polri. Olehnya itu, silaturahmi harus terus dilakukan.

"Saya juga berharap silaturahmi ini bisa meningkatkan nilai-nilai perjuangan yang ditanamkan Pahlawan Karel Satsuitubun," pintanya.

Kapolda juga berharap nilai-nilai perjuangan dan keberanian yang telah ditunjukkan almarhum Karel Satsuitubun dapat menjadi cerminan bagi anggota polri saat ini.

"Anggota polri harus meniru loyalitas dan kesetiaan kepada kesatuan dan negara dan menjalankan tugas penuh tanggung jawab bahkan harus sampai mengorbankan jiwa dan raga," harapnya.

Karel Ohoiwutun, Ponakan dari Pahlawan Karel Satsuitubun, menyampaikan terima kasih atas kedatangan Kapolda Maluku bersama Ketua PD Bhayangkari Maluku dan rombongan.

"Kami menyampaikan terima kasih banyak karena selama ini baru pertama bapak Kapolda yang datang bersilaturahmi di rumah ini," kata dia.

Pada kesempatan itu, Karel Ohoiwutun berharap Kapolda dapat melakukan rehab terhadap Monumen Karel Satsuitubun di desa Rumadian agar dapat menjadi lebih baik.

"Insya Allah kami akan memperhatikan harapan daripada keluarga Karel Satsuitubun," tambah Kapolda menjawab harap keluarga Karel Satsuitubun.